Minggu, 16 Agustus 2009

Tak Ada Bukti Kuat Teh Hijau Cegah Kanker

Walau teh hijau telah lama dipercaya sanggup mencegah penyakit kanker, peneliti belum menemukan adanya bukti kuat yang mendukung kepercayaan tersebut.

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dibuat dengan tanpa memfermentasi daun yang menjadi bahan dasarnya, yaitu daun Camelia Sinensis. Teh ini dilaporkan mengandung banyak senyawa anti radikal bebas bernama Polyphenol dan dipercaya sanggup mencegah penyakit stroke, jantung, maupun kanker.
Meskipun demikian, seperti dilansir dari healthday.com (21/7), hasil ulasan tim peneliti terhadap 51 penelitian yang telah diadakan sebelumnya selama lebih dari 20 tahun dan melibatkan lebih dari 1,6 juta subyek mengenai hubungan teh hijau dengan kanker menunjukkan bahwa sejauh ini belum ada bukti kuat bila konsumsi teh hijau memang akan sanggup mencegah penyakit tersebut.

"Walau dengan sedemikian besarnya jumlah penelitian yang diulas, tim penilai tetap belum melihat adanya bukti kuat yang sanggup menjawab apakah teh hijau memang akan sanggup mencegah berbagai jenis kanker," ungkap Katja Boehm, peneliti dan penulis kepala dari hasil ulasan di atas.

Boehm menyatakan bahwa variasi dari seberapa banyak teh hijau yang sebenarnya diminum seseorang dan seberapa besar perbedaan tingkat tumbuhnya berbagai jenis penyakit kanker menjadi sebab dari sulitnya diambil kesimpulan pasti mengenai hubungan antara konsumsi teh hijau dengan tercegahnya penyakit kanker.

"Satu-satunya kesimpulan yang pasti adalah bahwa konsumsi teh hijau bukanlah satu-satunya faktor yang dapat mencegah kanker," ujar Boehm.
Boehm juga setuju bahwa penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk melihat apakah teh hijau memang benar-benar dapat mencegah kanker.

Untuk sementara ini, kita hanya dapat memastikan bahwa minum teh hijau dalam porsi secukupnya memang aman dan bahkan bisa jadi bermanfaat.
Lantas seberapa banyak pastinya yang dimaksud dengan 'porsi secukupnya' tersebut?
"Tak lebih dari 1.200 mililiter (5 cangkir ) per hari," jawab Bohm. (27 Juli 2009)

Sumber :
http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=40439:tak-ada-bukti-kuat-teh-hijau-cegah-kanker&catid=28:kesehatan&Itemid=48
17 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar